2008-11-15

Mendarat Darurat

そのうち消去されそうだから、自分のためにここに全文コピー。(現物は http://www.kesbangpapua.com/index.php?show=9&catid=5. 02 JUN 2008)

--- 引用、ここから
Merpati, Mendarat Darurat di Biak
SORONG- Diduga mengalami kerusakan pada salah satu mesin, pesawat Merpati yang berangkat dari Sorong tujuan Makassar-Jakarta kemarin (1/6), tertahan di Biak.
Akibatnya, penumpang yang sedianya tiba di Makassar sekitar pukul 15.00 WIT baru tiba tadi malam sekitar pukul 21.30 WIT. Dalam keterlambatan tiba di Makassar, penumpang sempat dibuat panik luar biasa.
Betapa tidak, pesawat sempat mengalami guncangan keras disertai dengan beberapa kali bunyi ledakan dari mesin pesawat. Untung saja pesawat berhasil mendarat darurat di Biak sehingga nyawa penumpang pun berhasil terselematkan.
Dihubungi koran Radar Sorong (Grup Cenderawasih Pos) melalui telepon selularnya tadi malam, salah satu penumpang tujuan Jakarta membenarkan pesawat Merpati yang ditumpanginya dari Sorong tertahan di Biak.
Karena pesawat yang ditumpanginya mengalami kerusakan pada salah satu mesin, dalam penerbangan ke Makassar, penumpang dari Sorong pun ganti pesawat dengan menumpangi menumpangi pesawat Merpati dari Jayapura tujuan Manado -Makassar.
"Di Biak tadi (kemarin-red) kami menunggu sekitar 3 jam. Pesawat Merpati dari Jayapura diminta singgah di Biak untuk mengangkat kami," ujar penumpang itu yang menolak namanya dikorankan.
Bagaimana hingga Merpati mendarat darurat di Bandara Frans Kaisepo Biak?
Dituturkan oleh penumpang itu bahwa pesawat Merpati dengan nomor penerbangan 807 itu terbang dari Bandara Domine Eduard Osok (DEO) sekitar pukul 13.30 WIT.
Saat take of semuanya berjalan mulus alias tidak ada tanda-tanda akan adanya kerusakan mesin. Namun setelah terbang sekitar 30 menit, tiba-tiba pesawat mengalami guncangan yang cukup keras yang kemudian diikuti dengan bunyi ledakan dari salah satu mesin pesawat.
Mendengar ledakan di pesawat, semua penumpang pun pada panik. Apalagi bunyi ledakan tidak hanya sekali terdengar. "Kita kaget sekali. Bunyi ledakan yang besar itu dua kali, setelah itu diikuti dengan bunyi ledakan susulan kecil sekitar 2-3 kali," ungkap penumpang itu.
Dalam kepanikan penumpang yang luar biasa, pesawat sempat terhempas turun dan 5- 10 menit kemudian naik lagi. Untung saja pilot masih dapat mengendalikan hingga membawa pesawat itu mendarat darurat di Biak.
Di Bandara Frans Kaisepo Biak, suasana tegang pun dirasakan penumpang ketika melihat mobil pemadam kebakaran dan peralatan emergency lainnya menyambut kedatangan pesawat yang nyaris celaka itu.
"Syukur kami penumpang semua selamat. Pesawat mendarat di Biak tadi (kemarin-red) sekitar pukul 15.00 WIT," tandasnya.
Tiba di Biak, kata penumpang itu, tidak ada penjelasan terbuka dari pihak Merpati akan kondisi mesin yang sebenarnya. "Merpati hanya katakan ada gangguan teknis. Setelah tiba di Biak saya cek pesawat itu langsung masuk hanggar karena mengalami kerusakan pada salah satu mesin," ujar penumpang yang juga salah satu politisi di provinsi Papua Barat.
Dengan menumpangi pesawat Merpati nomor penerbangan 841, sekitar pukul 18.00 WIT, akhirnya penumpang yang tertahan di Biak tiba di Bandara Hasanuddin Makassar pukul 21.30 WIT.
Dari kejadian ini, sumber Koran itupun mengaku trauma. "Saya besok (hari ini-red) lanjutkan penerbangan ke Jakarta. Tapi saya pakai pesawat lain saja. Ya saya masih trauma dengan kejadian ini," ujarnya.
Untuk mendapatkan penjelasan lebih jauh penyebab mendarat darurat di Biak, sayangnya Distrik Manager Merpati Sorong, Andi Darwin yang dihubungi Ponselnya tadi malam tidak aktif. (ros)
--- 引用、ここまで

これは2008年6月1日の話。長い記事だけど、要約すると「Sorong からMakassar へ向かった MZ807 便がエンジントラブルで Biak に緊急着陸した」って、どっかで聞いたような話だなあ。大きな音が数回するほどのエンジントラブルで、乗客全員パニックになったようだ。でも、エンジントラブルを「テクニカルな障害」 "gangguan teknis" とごまかしている所は一緒(英語に逐語訳すると "technical interference" になって事情の分からなさ倍増。笑) 。事故機の代わりに臨時便を飛ばすわけじゃなくて、後続便や近くを飛んでる自社便に寄ってもらって振り替えているところも一緒、そのために遠いけど就航便数の多い Biak に「緊急」着陸してるんだもの。

2008年11月8日の事故も地元では新聞ネタになってないのかと探してみてるけど、ネット上でまだ見つけられていない。同一機体の同一エンジンのトラブルに違いないんだけどなあ。

以上、昔の事故だけど見つけてしまったので、誰かが 消去/忘却 しようとしてもできないように、この blog にて封印。

Gara-gara Merpati, saya terlambat berangkatan dari Indonesia!

この下を閉じる このページを印刷

Comments 0